6 MARKETING TIPS DARI WORLD MARKETING GURU, SETH GODIN

 

#RE SHARE

TIPS 01 – TELL A STORY
Selalu mulai dengan cerita. Cerita akan memudahkan kita diterima oleh siapa saja. Cerita juga metode yg sangat efektif untuk menjelaskan hal-hal teknis rumit yg susah diterima audiens menjadi lebih mudah dicerna.
Cerita juga mampu menginspirasi dan menggerakkan, tanpa kita memerintahkan.

TIPS 02 – PRACTICE PERMISSION MARKETING
Etika itu sangat penting dalam menjalankan aktivitas kita. Pastikan semua pesan promosi yang kita kirimkan ke audiens sudah mendapatkan ijin dari penerima (consent). Jangan asal broadcast, spamming ke inbox orang. Jangan menggunakan marketing yg interuptif, seperti outbounf call, broadcast brutal, dll.
Lebih baik kita diam, daripada mengeluarkan “suara” berisik yg mengusik kenyamanan audiens.
Jika Anda harus bersuara pikirkan value apa yang akan diterima oleh audiens.

TIPS 03 – CONNECT CUSTOMERS TO EACH OTHER
Buat sebuah platform dengan model komunitas, yang memungkinkan antar anggotanya bisa saling berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain.
Biarkan mereka berbagi ide, informasi dan pendapat. Karena ini yang akan membuat komunitas Anda hidup.
Bisa saja Anda mengendalikan semua alur informasi, tapi ini akan membuat komunitas Anda kaku dan melelahkan Anda sendiri.

TIPS 04 – BE EXTRAORDINARY
Gunakan “purple cow” principle. Bikin produk atau brand Anda begitu mudahnya dibedakan dengan semua kompetitor yg ada di kerumunan.
Tentu saja pembedanya adalah sesuatu yag positif. Think about Unique Value Proposition.
Jika Anda memang bisa membuat produk Anda jauh mengungguli kompetitor, bikinlah.
Tapi jika itu susah, perbaiki di “how to sell” nya. Jadilah orang yg lebih mendengarkan ketimbang yg mendominasi pembicaraan. Yang terpenting Anda bisa membimbing audiens melalui buyer’s journey mereka.

TIPS 05 -GIVE YOUR IDEAS
Ideas that spread win – Seth Godin. Semakin banyak orang yg mempercayai ide-ide yang Anda bagikan, semakin banyak orang yg mempercayai ide Anda itu semakin bagus buat reputasi Anda maupun brand Anda.
Bikin semudah mungkin orang mempelajari ide Anda. Konsistenlah berbagi ide dan pemikiran. Sebarkan tulisan, ebook, video atau konten apapun yang membuat isi otak Anda bisa tertransfer ke lebih banyak orang. Pelajari tentang konsep Thought Leadership.

TIPS 06 – FOCUS ON THE NICHE
Everyone is not your customers – Seth Godin. Fokuslah ke sekelompok segmen pasar yg mampu Anda puaskan secara maksimal dengan value yang Anda berikan.
Jangan pernah terbersit untuk memuaskan semua orang. Karena selera orang sudah pasti akan berbeda satu sama lain, yang ada adalah Anda hanya akan memberikan kepuasan yang nanggung tidak akan me “WOW” kan customers.

Jika Anda tidak mampu me WOW kan customers maka Anda membuang kesempatan untuk mendapatkan WOM atau word of mouth dari mereka.
Padahal tidak ada strategi marketing apapun saat ini yang lebih powerful dari WOM atau rekomendasi customers.

Semoga apa yg Saya tuliskan ini bermanfaat.

Salam Nginbound
Saiful Islam
Inbound Marketing Expert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *