COACHING, ANTARA BERTUMBUH DAN BERGERAK

Cukup banyak proses Coaching yang sukses dalam membantu Coachee memastikan Goal-nya, menemukan alternatif jalan, mengambil keputusan…

Namun ada satu hal yang hanya sedikit Coach melakukannya.

Apa itu?

Begini ceritanya…
Mencapai Sukses berupa tercapainya Goal ternyata tidak sesederhana, “Mampu memilih dan menyusuri jalan yang tepat secara konsisten dengan komitmen tinggi”

Tidak hanya itu. Kenyataannya saat tantangan meningkat di tengah jalan, Coachee perlu berada pada level diri yang lebih tinggi. Coachee tidak cukup hanya ‘bergerak’ ke depan. Ia juga perlu turut ‘bertumbuh’.

Artinya sang Coachee perlu terus bertumbuh seiring makin majunya perjalanan dan makin dekat dengan Goal.

Pada sebagian Coach, proses bertumbuh ini diserahkan sepenuhnya kepada Coachee. Dalam kasus Coachee sudah siap bertumbuh secara mandiri, proses Coaching akan lancar.

Namun di sebagian Coachee yang kapasitasnya tidak sampai di sana, pertumbuhan dirinya akan mandeg (berhenti) karena kebingungan, sehingga proses gerak maju-nya pun otomatis terhambat. Karena dirinya tidak siap dengan tantangan besar di depannya.

Memperhitungkan ‘bertumbuh’ dan ‘bergerak’ si Coachee tentu menjadi tantangan bagi Coach. Ada banyak pertimbangan. Misal saat membantu Coachee merencanakan proses pertumbuhan, apakah sesuai dengan yang dibutuhkan untuk bergerak maju? Akibatnya proses trial & error lah yang terjadi.

Salah satu cara efektif untuk memfasilitasi ‘bertumbuh’ dan ‘bergerak’ secara simultan dengan tepat serta melakukannya pada tingkat minimum dalam trial & error adalah, dengan mem-benchmark pada orang-orang yang telah sukses sebelumnya dalam mencapai Goal yang sama.

Coach membantu coachee menemukan MODEL dari kesuksesan orang lain pada standard kesuksesan sesuai yang diharapkan Coachee. Tentu me-MODEL yang dilakukan bukan hanya mengambil model ‘gerak’nya, namun juga menemukan model dari proses ‘bertumbuhnya’, terkait apa yang dipelajari, kepada siapa ia belajar, serta bagaimana cara belajarnya di tiap langkah gerak menuju Goal.

Lalu bagaimana menemukan MODEL yang tepat ini?

Inilah pertanyaan menariknya 😁👍

Ditulis oleh

Surya Kresnanda

Learning Fasilitator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *