Mengenal Lebih Dekat Public Speaking Dan Cara Menjadi Pembicara Handal

Tanpa kita sadari, berbicara menjadi kebutuhan setiap orang. Berbicara menjadikan kita mampu untuk berkomunikasi yang mana menjadi kegiatan sehari hari dan tidak bisa dihindari. Rupanya berbicara juga ada seninya, terutama untuk anda yang sering menyampaikan ide atau pendapat untuk belajar maupun berkerja. Istilah berbicara di depan umum disebut sebagai public speaking. Untuk lebih detail simak ulasan mengenai berbicara di depan umum berikut.

Berkenalan Lebih Dekat Seni Berbicara Di Depan Umum

1. Pengertian

Menurut Websters Third New International pengertian berbicara di deopan umum adalah proses berpidato di depan publik atau di depan umum atau seni dari ilmu komunikasi secara lisan yang efektif dengan pendengarnya. Sementara menurut David Zarefsky dalam bukunya berbicara di depan umum adalah proses komunikasi yang secara berkelanjutan, dimana pesan, simbol atau makna terus berinterkasi di antara pembicara maupun pendengarnya.

Berbicara di depan publik juga bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas komunikasi dalam bentuk lisan. Tujuannya untuk mendidik, memberikan penjelasan, mempengaruhi, mengubah opini sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat tertentu. Pengertian tersebut diutarakan oleh YS. Gunadi dalam bukunya Himpunan Istilah Komunikasi. Dari pengertian tersebut bisa disimpulkan jika bicara di depan public ini bersifat dinamis.

Dengan berbicara di depan umum yang baik tentunya mengetahui pola pikiran, gagasan masa depan hingga ide yang luar biasa milik seseorang. Dalam prakteknya bisa dilakukan dengan diskusi, pidato, MC, moderator, presenter hingga memimpin rapat. Public Speaking juga bisa disebut sebagai kemampuan seseorang untuk berbicara di depan umum, perorangan, hingga kelompok dengan menggunakan strategi dan juga teknik bicara yang baik.

2. Pentingnya Bicara Di Depan Publik

Memiliki kemampuan berbicara di depan umum tidak hanya untuk mengembangkan karir menjadi presenter atau seorang pembicara. Namun memiliki kemampuan berbicara di depan umum sangat banyak. Kemampuan ini bisa meningkatkan rasa percaya diri dengan drastis. Perlu disadari jika manusia adalah makhluk sosial yang dalam kehidupannya membutuhkan berinteraksi dengan sesama manusia.

Meskipun demikian banyak orang yang memiliki ketidak percayaan diri untuk membangun sebuah komunikasi terutama secara lisan. Ketika seseorang memiliki kemampuan berbicara di depan umum dengan baik, maka bisa membuat citra diri dan kepercayaan dirijuga akan meningkat ketika berbicara di hadapan banyak orang. Dalam kehidupan sehari hari kemampuan ini juga akan memudahkan dalam bergaul.

Mungkin sering terjadi ketika berbicara kehabisan ide yang membuat pembicaraan akhirnya kaku dan dingin. Seorang publing speaker tidak akan kehabisan kata dan bisa terus berbicara. Public speaking juga bisa digunakan untuk mengukur kemampuan anda. Seni berbicara di depan umum ini bisa dipelajari dan juga dikuasi jika banyak berlatih. Apalagi memiliki kemampuan ini tidak merugikan sama sekali justru banyak keuntungan yang didapatkan.

Banyak sekali yang bisa diraih jika mampu untuk menerapkan seni bicara di depan umum ini dengan baik. Dengan berbicara sudah bisa mempengaruhi, mempersuasi hingga menguasai seseorang untuk tujuan tertentu. Bicara juga bisa menghasilkan penghasilan untuk anda, terutama jika pekerjaan sebagai sales, presenter, ataupun seorang trainer. Bahkan sebagai karyawan atau pelajar membutuhkan ketrampilan satu ini secara mumpuni.

Bagaimana seseorang bisa menyampaikan sebuah ide atau gagasan jika berbicara di depan umum tidak bisa dengan baik? Seorang pelajar, karyawan ataupun pekerjaan yang lain membutuhkan sebuah komunikasi untuk menyampaikan presentasi, gagasan dan juga ide ide. Untuk itu kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking sangat dibutuhkan oleh semua orang untuk bisa meningkatkan taraf hidupnya.

3. Tips Mudah Berbicara Di Depan Umum

Seperti yang diketahui,berbicara di depan umum bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Bagaimana para pendengar bisa mendengarkan bahasan yang sedang dibicarakan, bagaiman meraih atensi hingga bagaiman mengatasi rasa gugup yang melanda. Hal ini tentu saja menjadi sebuah masalah yang harus dipecahkan, mengingat berbicara di depan umum bisa dilatih. Ada tips tips yang bisa diterapkan agar kemampuan berbicara di depan umum bisa didapatkan.

Untuk menjadi pembicara yang baik tentunya harus menguasai materi yang akan disampaikan ketika di depan umum. Ketika menguasai materi anda akan mudah untuk menguasai audiens nantinya. Saat membuka pembicaraan juga bisa dikatakan apa saja hasil yang didapatkan dari pembicaraan yang akan anda mulai. Dengan begitu audiens atau lawan bicara anda akan menaruh atensi terlebih jika anda sudah menguasai materinya.

Menyampaikan informasi dalam public speaking harus disampaikan dengan nada lugas yang jelas. Agar informasi yang terima juga bisa jelas sampai ke telinga pendengar. Terlalu rendah suara juga akan membuat mengantuk, terlalu keras juga akan membuat tidak nyaman. Nada penyampaian dan juga intonasi dalam penyampaian bisa dilatih untuk mendapatkan tempo yang pas. Tentunya tidak mudah untuk melakukan hal ini jika tidak ada latihan.

Langkah selanjutnya adalah dengan menguasai audiens. Audiens atau lawan bicara harus anda ketahui dengan baik. Jangan sampai nantinya anda salah menggunakan kata kata karena tidak bisa mengenali audiens anda dengan baik. Anda juga harus membuat lawan bicara atau audiens merasa terhubung dengan anda. sebagai pembuka sebaiknya menggunakan kata kata yang bisa membuat audiens merasa dihargai.

Untuk membuat audiens merasa lebih dekat ketika anda berbicara, berpidato maupun presentasi sebaiknya anda bisa mencairkan suasana. Bisa berupa lelucon dalam bentuk presentasinya atau bisa secara lisan agar tidak bosan. Jikapun anda tidak bisa melucu anda bisa mensiasitinya dengan melakukan interaksi dengan audiens. Melontarkan pertanyaan pertanyaan yang bisa membuat mereka mengalihkan atensi secara menyeluruh.

Selanjutnya untuk menjadi seorang public speaker yang handal adalah berlatih. Dengan latihan anda bisa menguasai public speaking dengan baik. Latihan bisa dilakukan di depan cermin agar nantinya bisa menguasai audiens. Bayangkan seakan akan anda berada di sebuah ruangan yang penuh dengan pendengar anda. Latihan ini akan membantu anda untuk menemukan ritme, intonasi serta kesalahan yang mungkin bisa terjadi.

Setiap orang tentunya memiliki kelemahan, dan latihan adalah kunci untuk membuat kelemahan tersebut tak terlalu nampak dan menonjolkan kelebihan. Ketika berbicara di depan banyak orang sebaiknya juga melakukan kontak mata agar audiens merasa terikat. Terlalu sering membaca presentasi, atau catatan justru akan membuat kesan kaku dan terlihat tidak profesional. Untuk itu penguasaan materi, audiens dan diri sendiri sangat penting.

Kesalahan, rasa takut ataupun tidak percaya diri di awal bukanlah menjadi masalah. Semakin banyak jam terbang maka semakin terbiasa untuk berbicara di depan banyak orang. Justru rasa takut dibutuhkan agar anda semakin tertantang untuk menakhlukkan para pendengar atau audiens anda. Bahkan terkadang rasa takut bisa membuat kita lebih nekat untuk segera menyelesaikannya dan penasaran akan hasilnya bukan?

Memiliki kemampuan berbicara di depan umum sangat bermanfaat apalagi di era modern seperti ini. Dengan mampu berbicara secara baik saja sudah bisa menjadi sumber penghasilan bagi anda. Tidak mudah memang, apalagi untuk anda yang tidak terbiasa. Namun berbicara di depan umum sangat bisa untuk dipelajari dan juga dilatih.

source : https://certrova.co.id/mengenal-lebih-dekat-public-speaking-dan-cara-menjadi-pembicara-handal/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *