Mengubah Pola Pikir Dengan Neuro Linguistic Programming Pada Kehidupan Sehari Hari

Mungkin anda kini sering kali mendengar pelatihan NLP yang bahkan ada di seluruh nusantara. NLP ternyata merupakan salah satu ilmu psikologi yang saat ini sedang populer. NLP menjadi sebuah metode untuk menghilangkan segala hambatan di masa lalu dan mampu untuk meraih kesuksesan. Mengingat setiap orang selalu memiliki masalah yang berbeda beda dengan pola pikir yang juga berbeda. Dari pada penasaran yuk simak Neuro Linguistic Programming atau NLP dalam ulasan berikut.

Mengenal NLP dan Cara Mempraktekkanya Dalam Kehidupan

1. Definisi NLP

NLP merupakan ranah pengetahuan yang berkaitan dengan struktur internal manusia dan bagaimana struktur tersebut mampu untuk didesain sehingga bisa bermanfaat untuk yang bersangkutan. Di dalam NLP semua perilaku memiliki struktur internal yang menyokongnya. Ilmu ini juga mempelajari cara berpikir dan perilaku manusia sehari hari. Tak hanya itu ilmu ini juga mempelajari bagaimana bahasa bisa mempengaruhi paradigma setiap individu.

NLP juga merupakan sebuah terapi untuk memodifikasi perilaku yang dalam prosesnya bisa dilakukan tanpa adanya pengawas profesional. Tidak ada salahnya untuk anda mencoba tidak akan ada yang terluka dengan terapi ini. Namun untuk mendapatkan hasil yang diinginkan tentunya dibutuhkan latihan yang tidak hanya sekali dua kali. Bahkan anda mungkin harus menerapkan dan mencobanya dalam kehidupan sehari hari.

Neuro Linguistic Programming atau NLP merupakan gabungan dari 3 kata yang masing masingnya memberikan arti yang berbeda. Neura merupakan saraf, sistem saraf otak dan juga semua saraf yang ada di dalam tubuh. Linguistic merupakan bahasa yang secara verbal maupun non verbal. Programming atau bisa diartikan sebagai pemrograman. NLP sendiri dibuat oleh Richard Bandler dan John Grinder di tahun 1970 di California, Amerika Serikat.

2. Sejarah Singkat

Diawali dengan sebuah studiyang mempelajari kehebatan psikoterapis dalam menangani pasiennya. Kemudian NLP berkembang  menjadi sebuah metode untuk mengidentifikasi poin poin kunci pada perilaku manusia. Dalamhal ini termasuk mengkaji pendekatan apa saja yang bisa digunakan untuk mengubah perilaku tersebut. Kemudian Dr. Robert Spitzet mengundang Richard Bandler sebagai seorang yang memiliki koleksi buku tentang perilaku manusia dan sains.

Richard Bandler diundang untuk menghadiri pelatihan yang pada saat itu dibawakan oleh Fritz Perl, yang merupakan seorang seorang psikiater yang menggagas sebuah terpai Gestalt. Dan juga Virginia Sartir yang juga merupakan psikoterapis terkenal dan banyak menangani kasus rumah tangga. Karena kehebatan keduanya mampu untuk menciptakan sebuah perubahan yang signifikan yang membuat Bandler mendalami metode dan gaya lebih jauh.

Pada saat itu Bandler belum menemukan Neuro Linguistic Programming. Ia masih melakukan banyak pengamatan dan juga diskusi dengan Grinder. Mereka berkolaborasi untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan ilmu psikologi. Karya karyanya yang telah dibuat memuat beragam tekni terapi serta penggunaan bahasa yang bisa mempengaruhi pasien yang dikenal dengan meta model dan menjadi dasar konsep NLP.

3. Manfaat Belajar NLP

Richard Bandler dan John Grinder berpendapat jika NLP mampu untuk mengobati berbagai masalah mulai dari depresi, pobia, miopi,gangguan belajar, gangguan kebiasaan hingga penyakit psikosomatik. Umumnya hanya membutuhkan satu sesi terapi untuk mengatasi masalah masalah tersebut. Hingga NLP banyak diadaptasi oleh hipnoterapis yang digunakan dalam seminar dengan kepentingan bisnis ataupun pemerintahan.

Dengan belajar NLP anda bisa membangun hubungan berkualitas secara pribadi dengan orang orang yang memiliki kontak pada hidup anda. Dalam hal ini bisa keluarga, rekan keraja hingga pelanggan untuk hubungan yang dekat dan saling menguntungkan. Neuro Linguistic Programming juga mampu untuk mengontrol emosi kita sehingga, kita bisa mengelolanya dengan baik mengingat hal tersebut berkaitan erat dengan perasaan dan juga pikiran.

NLP juga memiliki manfaat untuk mengembangkan cara efektif dalam berkomunikasi dengan melihat kepekaan anda. Kepekaan ini bisa pada iri sendiri, atau orang lain yang mana juga bisa meningkatkan kemampuan persuasif. Selain itu juga bisa untuk memprogram pikiran untuk mencapai hasil yang diinginkan. Baik untuk kepentingan bisnis maupun untuk bisa mencapai peluang yang diharapkan dengan maksimal.

Jika anda memiliki trauma atau masalalu yang membelenggu, NLP bisa dijadikan sebagai fasilitas untuk menghilangkan trauma tersebut. Karena dengan NLP anda bisa melatih pikiran anda untuk lebih kreatif dalam memecahkan masalah. Selain itu juga untuk memperkenalkan fleksibilitas yang besar untuk memberikan peningkatan pada pilihan hidup anda. Sehingga peristiwa peristiwa yang telah dilalui dalam hidup bisa dijadikan pembelajaran.

4. Cara Menerapkan NLP dalam Sehari Hari

Neuro Linguistic Programming memiliki konsep untuk mengubah bahasa apapun menjadi hal yang mampu untuk mempengaruhi perilaku anda. Misalnya saja anda dihadapkan dengan kata susah, tubuh secara otomatis akan mengartikannya sebagai bentuk penolakan dan tidak mau untuk menyelesaikannya karena sudah menganggapnya susah. Berbeda jika anda mengantikan kata susah menjadi kata tantangan.

Maka anda akan secara otomatis ingin menakhlukkan tantangan tersebut. adrenalin akan terpacu sehingga sebuah pekerjaan yang tadinya susah dan tidak ingin dikerjakan akan bisa dikerjakan. Bahasa bahasa seperti inilah yang nantinya merubah perilaku anda ke arah yang lebih baik. Anda bisa juga menyebut NLP sebagai trik untuk memanipulasi pikiran anda. Cara untuk menerapkan dalam kehidupan sehari hari tentunya dengan selalu berpikir positif.

Nantinya jika anda terbiasa, maka emosi anda akan bisa dikontrol dengan baik. Kontrol emosi yang baik memiliki banyak manfaat karena, banyak kejadian yang tidak diinginkan terjadi karena tak mampu mengontrol emosi. Tak hanya masalah penggunaan bahasa, dalam menyikapi trauma masa lalu juga bisa dilakukan dengan NLP. Anda bisa memanipulasi organ indra guna mengubahnya menjadi sebuah presepsi tentang suatu hal atau situasi tertentu.

Misalnya anda mengubah trauma tersebut dalam bentuk warna, lingkungan yang verah hingga mengubahnya menjadi hal yang tidak traumatis. Atau hal yang menyenangkan yang anda sukai. Biasanya pengalaman yang diingat merupakan pengalaman yang paling terakhir tertinggal di benak anda. Neuro Linguistic Programming memang tidak mampu untuk mengontrol dunia namun mampu membuat anda untuk mengontrol pikiran serta emosi anda.

Untuk bisa menggunakan metode ini dengan lebih baik, anda butuh untuk mempelajarinya lebih dalam. Namun sebagai langkah awal, anda bisa memberikan sugesti untuk mengubah pola pikir atau pengunaan bahasa yang bisa memberikan perubahan perilaku anda. Saat ini banyak sekali training atau pelatihan terkait dengan NLP. Tidak ada salahnya mencoba atau belajar dari berbagai sumber untuk melakukannya sendiri di rumah.

Seperti yang banyak dikatakan, pikiran memegang banyak kendali yang nantinya mempengaruhi kondisi tubuh. Dengan pengelolaan pikiran yang baik, entah itu trauma, atau masalah yang lain bisa diselesaikan dengan mudah. NLP hadir sebagai sebuah metode untuk meretas pikiran anda sehingga bisa berperilaku lebih baik. Dalam prakteknya memang dibutuhkan rasa biasa dan pembelajaran sampai akhirnya bisa menggunakan trik NLP dengan baik.

 

source : https://certrova.co.id/mengubah-pola-pikir-dengan-neuro-linguistic-programming-pada-kehidupan-sehari-hari/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *